Meningkatkan Profesionalisme Melalui Upgrading dan Recognition Current Competency (RCC) di LSP P2 Maarif Jawa Competency

Sabtu, 23 Desember 2023 15:37:00, dilihat: 158 kali

Meningkatkan Profesionalisme Melalui Upgrading dan Recognition Current Competency (RCC) di LSP P2 Maarif Jawa Tengah

Pada akhir tahun 2023, Lembaga Sertifikasi Profesi Pusat Pendidikan (LSP P2) Ma’arif Jawa Tengah menggelar kegiatan Upgrading dan Recognition Current Competency (RCC) angkatan ke-3. Acara ini berlangsung selama 2 hari di Hotel Muria Semarang pada tanggal 21-22 Desember 2023.

Peserta Dari Berbagai Daerah Hadir dalam Acara Ini

Sebanyak 17 peserta dari berbagai daerah di Jawa Tengah turut serta dalam acara ini. R. Andi Irawan, Ketua LP. Maarif NU PWNU, Agus Subagyo, dan Sulistyo Master Assesor dari BNSP, hadir sebagai pembicara utama. Turut hadir pula Pengurus LSP P2 Ma'arif Jawa Tengah.

Peran Penting Asesor dalam Menyiapkan Siswa SMK untuk Dunia Industri

Dalam sambutannya, R. Andi Irawan, Ketua LP. Maarif NU, menekankan pentingnya peran asesor sebagai ujung tombak dalam mempersiapkan siswa SMK untuk dunia industri. Beliau mendorong agar lulusan SMK dapat terserap dengan baik di dunia industri. Asesor diharapkan memiliki jiwa adaptif untuk mengikuti perkembangan terbaru dan menguasai bidangnya sehingga siswa tidak tertinggal. Selain itu, asesor juga diingatkan untuk menjaga kode etik dalam pelaksanaan Uji Kompetensi (UK) agar objektif dan jujur.

Pentingnya Kode Etik Menurut Agus Subagyo dari BNSP

Agus Subagyo, Master Assesor BNSP, juga menyoroti pentingnya kode etik. Beliau mengingatkan para peserta untuk berani jujur dan objektif saat menjalani Uji Kompetensi (UK). Menurutnya, menjaga integritas dan kejujuran sangat penting dalam menilai kompetensi seseorang.

Pembaharuan Format Materi Uji Kompetensi (MUK)

Selain itu, Agus Subagyo juga menyampaikan informasi tentang perkembangan LSP, terutama pembaharuan format dalam Materi Uji Kompetensi (MUK). Meskipun format MUK dapat berubah, beliau menekankan bahwa substansi dari MUK tetap sama. Pembaharuan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas uji kompetensi dan memastikan bahwa asesor dan peserta selalu update dengan perkembangan terbaru.

Dengan diselenggarakannya kegiatan ini, diharapkan LSP P2 Ma’arif Jawa Tengah dapat terus berkontribusi dalam meningkatkan profesionalisme asesor, mempersiapkan siswa SMK dengan baik, dan menjaga standar kualitas dalam uji kompetensi.

Berita Lain

Konsultasi